PROPOSAL IFTHOR DAN SAHUR BAGI PENGHAFAL AL QUR’AN


LATAR BELAKANG

Para penghafal Al Qur’an yang bertaqwa memiliki beberapa kelebihan dibandingkan muslimin yang lain. Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wasalam memberikan informasi kelebihan mereka antara lain :

  1. Imam Sholat berjamaah akan dipilih yang paling baik bacaan dan hafalannya.
  2. Para pemimpin dipilih diutamakan dari mereka yang hafal al qur’an.
  3. Mereka adalah keluarga Alloh Ta’ala dan insan istimewa dihadapanNya

Dan dalam kesempatan lain Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wasalam senantiasa memuliakan para huffadz  lebih dari manusia yang mempunyai  kelebihan (selain dari keahliannya dalam Al Qur’an).

Dan masih banyak riwayat dari  As-Sunnah yang menjelaskan segi keistimewaan lain dari Hafidz yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Bulan Romadhon, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Memuliakan para penghafal Al Qur’an merupakan salah satu bentuk kepedulian kita kepada Al Qur’an. Maka dibulan syahrul Qur’an ini marilah kita songsong dengan tekad besar, beramal ikhlas  sebanyak-banyaknya dengan membuktikan diri bahwa kita peduli kepada mereka. Peduli kepada para penghafal Al Qur’an berarti peduli pada kemuliaan Al Qur’an.

DSC00504LANDASAN KEGIATAN

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ ١٨٣

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqoroh : 183)

Pahala bagi insan yang memberi buka shoum (puasa) dan sahur bagi orang lain , akan memperoleh pahala semisal orang yang melaksanakan ibadah shoum. Dalam sebuah Hadist Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wasalam bersabda :

 من صا م ىوما قى سبىل  الله بعد الله وجهه عن النار سبعين خريفا (بخارى و مسلم)

Rosulullah Shollallahu ‘alaihi wasalam bersabda : “Barang siapa bershoum satu hari di jalan Alloh dan berjihad di jalan Nya , Alloh Ta’ala akan menjauhkan wajahnya dari neraka selama tujuh puluh (70) tahun “ ( HR. Bukhory dan Muslim)

Shoum merupakan ibadah fisik yang berat dan berjihad merupakan ibadah harta sekaligus fisik yang lebih berat. Siapa yang menjalankan ke duanya akan termasuk orang yang mengharap kenikmatan yang ada di sisi Alloh ‘Azza wa Jalla dan menjauhi siksanya yang pedih. Semoga kita termasuk memperoleh serpihan pahala  shoum dan senantiasa mengharap ridho Nya.

Dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إن لله عند كل فطر عتقاء

”Sesungguhnya Allah pada setiap waktu berbuka itu ada pembebasan.” (Ahmad 22202 dan dishahihkan oleh Al Arnaut). Maksudnya adalah pembebasan dari siksa api neraka.

  

TUJUAN KEGIATAN

  1. Melejitkan prestasi ibadah bagi mereka yang dapat memberi buka shoum pada umumnya dan bagi para penghafal Al qur’an pada khususnya.
  2. Menghubungkan antara aghniya dengan para penghafal Al Qur’an.
  3. Menanamkan semangat rela berkorban dan kejuangan pada qolbu yang membaja.
  4. Meraih keutamaan di bulan Syahrul Qur’an (Romadhon)

 
TEMPAT KEGIATAN

  1. Pondok Pesantren tahfizhul Qur’an Ulul Albab Tulakan Godog polokarto Sukoharjo.
  2. Tempat –tempat yang disepakati dengan para aghniya.

 

WAKTU KEGIATAN

Tanggal 1 sd 14 Romadhon 1436 H bertepatan dengan 6 Juni 2016 sd 19 juni 2016

 

EKSEKUTIF PELAKSANA

Penanggung jawab kegiatan adalah :

  1. Ustadz Qoribun
  2. Ustadz Abdullah

 

FUNDING & BUDGETTING

Jumlah santri PPTQ Ulul Albab sebanyak 300 orang

  1. Sahur /Buka Shoum penuh sebesar 300 santri x Rp. 20.000  = Rp.6.000.000
  1. Takjil Shoum 300 santri x Rp. 10.000   =Rp. 3.000.000

Keterangan :

Besaran di atas adalah untuk satu kali buka/sahur para penghafal Al Qur’an. Bagi para Muhsinin dapat berperan serta Alhamdulillah bisa 100 % dari dana budgeting di atas. Namun jika pada kesempatan ini belum dapat secara keseluruhan,   seberapa prosen (seberapa penghafal yang akan diajak berbuka) akan kami salurkan kepada para penghafal alqur’an untuk sahur dan berbuka.

CARA MENGINFAQKAN DANA ANDA

  1. Hubungi kami, dan kami akan menjemput dana tersebut.
  2. Transfer ke rekening PPTQ  Ulul Albab : Adfan Hari Saputro BRI Godog No. Rek 6897 01 004012 53 5

CONTACT PERSON KESANGGUPAN

  1. Ustadz Qoribun  (0857 2966 0623)
  2. Ustadz Abdullah  (0857 9955 1466)

DOA KAMI BAGI PARA PENYUMBANG DAN SEGENAP MUSLIMIN

 رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

“Ya Rabb Kami , jadikanlah kami dan anak cucu kami orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Rabb  kami, perkenankanlah doa kami “

٠ رَبَّنَا ٱغۡفِرۡ لِي وَلِوَٰلِدَيَّ وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ يَوۡمَ يَقُومُ ٱلۡحِسَابُ 

“Ya Rabb kami, beri ampunlah kami  dan kedua ibu bapa kami  dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)”

 رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةٗ وَفِي ٱلۡأٓخِرَةِ حَسَنَةٗ وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

“Ya Rabb  kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”

 رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا 

“Ya Rabb kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

PENUTUP

Sifat insan beriman adalah saling menguatkan ikatan mulia satu dengan yang lain. Dengan usaha ikhlas ini kita berharap, dapat mencerahkan kehidupan manusia secara hakiki dan  nyata. Itulah manusia yang tidak merugi sebagaimana firman Alloh Ta’ala:

وَٱلۡعَصۡرِ ١  إِنَّ ٱلۡإِنسَٰنَ لَفِي خُسۡرٍ ٢ إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡحَقِّ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ ٣

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al Ashr 1-3)

Kita tutup silaturahmi kami  dengan bersama merenungi dan memperhatikan hadsit berikut :

Diriwayatkan dari Ibnu Majah dengan sanad hasan dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu berkata,

هذا الشهر قد حضركم وفيه ليلة خير من ألف شهر من حُرِمها، فقد حُرِم الخير كله، ولا يُحرَم خيرها إلامحروم

“Telah masuk waktu Ramadhan.” Maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,”Sungguh bulan ini telah hadir di tengah-tengah kalian dan di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa diharamkan di dalamnya kebaikan, maka tidak mendapatkan kebaikan seluruhnya dan tidak ada yang diharamkan kebaikannya kecuali dia terhalang dari kebaikan.” (Ibnu Majah 1644).

Amal sholeh kita insya Alloh diterima di sisi Alloh Ta’ala. Dalam sebuah kesempatan  Imam Ali bin Abi Tholib Radhiyallahu ‘anhu berkata:

“Manusia adalah anak dari perbuatan baiknya, yaitu dia akan dikenang dengan amal- amal  sholehnya “ (Abdur rouf Al munawi dalam Syarah Al Jamiu As Shoghir)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.